Silahkan hubungi kami jika Anda menemukan link error atau ingin memberikan masukan dan saran Contact Us Ebook Telegram

Perbedaan Tes IELTS, TOEFL, TOEIC, dan PTE

Perbedaan Tes IELTS, TOEFL, TOEIC, dan PTE
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

Perbedaan Tes IELTS, TOEFL, TOEIC, dan PTE

Perbedaan Tes IELTS, TOEFL, TOEIC, dan PTE- Dalam era globalisasi seperti sekarang, kemampuan berbahasa Inggris menjadi salah satu kunci utama untuk sukses di dunia internasional. Bagi mereka yang berencana untuk studi atau bekerja di luar negeri, memiliki sertifikat bahasa Inggris yang diakui secara internasional adalah sebuah keharusan.

Di antara berbagai tes bahasa Inggris yang ada, IELTS, TOEFL, TOEIC, dan PTE adalah yang paling umum digunakan. Meskipun keempat tes ini memiliki tujuan yang sama, yaitu mengukur kemampuan berbahasa Inggris, masing-masing memiliki karakteristik dan kelebihan yang berbeda.

Artikel ini akan membahas perbedaan antara IELTS, TOEFL, TOEIC, dan PTE untuk membantu Anda menentukan tes mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. IELTS

International English Language Testing System atau IELTS merupakan jenis tes kemampuan bahasa Inggris yang pertama. Tes ini dilakukan untuk menguji kemampuan British English dan lebih umum digunakan untuk institusi di Inggris, Australia, serta Selandia Baru.

IELTS terbagi menjadi dua jenis, yaitu general training dan academic. General Training lebih umum digunakan untuk menguji kemampuan orang yang akan bekerja di Australia, Selandia baru, Inggris, dan negara-negara Eropa.

Sementara IELTS academic biasanya digunakan untuk mendaftarkan diri di profesi kedokteran, mendaftar sekolah, maupun kuliah.

Meski ada dua jenis berbeda, cara pengetesan IELTS relatif sama. Tesnya terbagi menjadi 3 sesi, yaitu 40 menit listening, 60 menit reading, dan 60 menit writing. Skor terendah IELTS adalah 1 dan tertinggi di angka 9.

2. TOEFL

Berbeda dengan IELTS yang menggunakan British English, Test of English as a Foreign Language (TOEFL) menggunakan American English. Umumnya, TOEFL dipakai sebagai persyaratan untuk masuk universitas di Amerika dan Kanada.

Berdasarkan metode tesnya, TOEFL terbagi ke dalam 4 jenis, yaitu:

  • Institutional Testing Program (ITP): hanya berlaku di satu institusi atau negara tertentu. Tesnya berupa listening, structure and writing expression, dan reading comprehension.
  • Paper Based Test (PBT): soal yang diujikan terbagi ke dalam 4 section, yaitu listening, structure and written expression, dan reading comprehension.
  • Computer Based Test (CBT): tipe soalnya sama persis seperti PBT, hanya saja peserta mengerjakan semua soalnya di komputer langsung.
  • Internet Based Test (IBT):  tes bisa diikuti dari jarak jauh karena dilakukan secara online. Ada 4 section dalam tes ini antara lain listening, reading, writing, dan speaking.

3. TOEIC

Test of English for International Communication atau biasa disebut dengan TOEIC digunakan untuk menguji kemampuan seseorang dalam bahasa Inggris. Umumnya, tes ini digunakan sebagai syarat saat akan bekerja di luar negeri.

Ada dua jenis TOEIC yang diujikan, yaitu Listening Reading dan Speaking Writing. Sesuai dengan namanya, TOEIC Listening Reading digunakan untuk menguji kemampuan mendengarkan dan membaca.

Sementara TOEIC Speaking Writing bertujuan menguji kemampuan bahasa Inggris saat berbicara dan menulis.

4. PTE

Jenis tes kemampuan bahasa Inggris yang terakhir adalah Pearson Test of English. Tes ini dilakukan untuk menguji kemampuan seseorang berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Biasanya, tes ini digunakan sebagai syarat saat akan pindah atau belajar di luar negeri.

Adapun kemampuan yang diuji antar alain reading, writing, listening, serta speaking. Hasil PTE dinilai lebih objektif dan akurat untuk menilai kemampuan bahasa Inggris seseorang.

Jadi, Lebih Susah yang Mana?

Dari keempat jenis tes kemampuan bahasa Inggris di atas, tidak ada yang lebih susah atau lebih mudah. Baik IELTS, TOEFL, TOEIC, dan PTE digunakan dalam pengujian kemampuan bahasa Inggris untuk kebutuhan berbeda.

Alih-alih mencari jenis tes yang lebih mudah, sebaiknya kamu memilih tes sesuai dengan kebutuhan. Kemudian persiapkan diri untuk menjalankan tesnya dengan cara belajar dan mengerjakan contoh-contoh soal sejenis.

Penutup 

Memilih tes bahasa Inggris yang tepat sangat penting untuk mencapai tujuan akademik atau profesional Anda. IELTS cocok bagi mereka yang ingin studi atau bekerja di negara-negara persemakmuran. TOEFL, di sisi lain, lebih sering digunakan oleh institusi pendidikan di Amerika Serikat. TOEIC lebih fokus pada kebutuhan profesional dan bisnis, sementara PTE menawarkan fleksibilitas dengan hasil yang cepat.

Dengan memahami perbedaan antara IELTS, TOEFL, TOEIC, dan PTE, Anda dapat membuat keputusan yang lebih bijak dalam memilih tes yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik, karena persiapan yang matang adalah kunci kesuksesan dalam meraih skor terbaik pada tes pilihan Anda

Baca juga :

Mau donasi lewat mana?

Donate with Paypal
BANK BNI - An.mechanical engineering / Rek - 2345xxx
Gopay-
Traktir creator minum kopi dengan cara memberi sedikit donasi. klik icon panah di atas

About the Author

Kami percaya bahwa akses pendidikan berkualitas adalah hak mendasar bagi setiap anak Indonesia.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.