Silahkan hubungi kami jika Anda menemukan link error atau ingin memberikan masukan dan saran Contact Us Ebook Telegram

Toleransi Geometrik

Toleransi Geometrik adalah metode yang digunakan untuk mengontrol variasi bentuk, ukuran, dan orientasi pada suatu objek dalam batas yang ditetapkan,
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

Toleransi Geometrik

Dalam dunia manufaktur dan desain, pencapaian presisi dan akurasi merupakan faktor kritis yang mempengaruhi kualitas produk. Salah satu aspek penting yang memastikan kepresisian ini adalah Toleransi Geometrik.

Toleransi Geometrik adalah metode yang digunakan untuk mengontrol variasi bentuk, ukuran, dan orientasi pada suatu objek dalam batas yang ditetapkan, sehingga memastikan bahwa produk yang dihasilkan sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara mendalam tentang Toleransi Geometrik, mengungkap pentingnya aplikasinya dalam industri manufaktur dan proses desain produk.

 Kami juga akan menjelaskan konsep-konsep kunci dalam Toleransi Geometrik, seperti GD&T (Geometric Dimensioning and Tolerancing), simbol-simbol standar, dan cara interpretasi yang tepat.

Pengertian Toleransi Geometrik

Dalam proses pembuatan suatu produk (benda kerja) yang teliti, penyimpangan bentuk, posisi, tempat, dan penyimpangan putar terhadap suatu elemen geometri (titik, garis, permukaan atau bidang tengah), harus secara jelas dibatasi dengan nilai toleransi tertentu.

Toleransi yang membatasi penyimpangan bentuk, posisi tempat dan penyimpangan putar terhadap suatu elemen geometris ini disebut sebagai toleransi geometrik.

Toleransi ukuran sesungguhnya membatasi juga beberapa penyimpangan geometris. Oleh karena itu, apabila toleransi geometrik ditentukan secara rinci, maka tidak diharuskan pemberian toleransi ukuran yang sempit. Dengan kata lain, toleransi geometrik memberikan kesempatan untuk memperlebar persyaratan dari toleransi ukuran.

Perlu juga ditegaskan di sini bahwa pemakaian toleransi geometrik hanya dianjurkan apabila memang perlu untuk meyakinkan ketepatan komponen menurut fungsinya, misalnya untuk membuat bagian-bagian yang mampu tukar, atau bagian-bagian yang teliti lainnya.

Pembuatan bendanya sendiri dapat dilakukan dalam pabrik yang berbeda dengan peralatan dan pengalaman yang berbeda pula.

Penggunaan simbol serta cara pencantuman toleransi geometrik pada gambar telah direkomendasikan oleh ISO sejak tahun 1969. Bahkan dalam standar lain seperti ANSI dan JIS, beberapa tahun terakhir ini sudah mengalami sedikit perluasan.

Jenis Karakter dan Simbol Geometris

Tabel berikut menyajikan jenis karakter geometris yang dapat dikontrol oleh toleransi serta simbol yang dipergunakan dalam gambar.

Dalam memberikan toleransi pada suatu elemen geometris, sering diperlukan elemen geometris lain dalam komponen yang sama sebagai suatu elemen dasar (elemen patokan).

Berdasarkan hubungannya dengan elemen dasar ini maka ditentukanlah toleransinya, baik mengenai toleransi bentuk, toleransi orientasi, toleransi posisi atau toleransi putar

Ketentuan Penulisan Simbol Toleransi Pada Gambar

Untuk membedakan dengan simbol-simbol lain, simbol toleransi geometris ditunjukkan dalam gambar dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Kotak Toleransi

Simbol toleransi dan persyaratannya dituliskan dalam sebuah kotak toleransi yang dibagi menjadi dua atau lebih bagian. Bagian-bagian kotak tersebut berisi keterangan seperti dijelaskan pada gambar

Toleransi Geometrik

  • Penunjukan Elemen yang Diberi Toleransi

Kotak toleransi dihubungkan dengan elemen yang diberi toleransi dengan garis penunjuk yang ujung tanda panahnya harus menempel:

  • Pada garis tepi dari elemen atau permukaan bersangkutan. Garis batas ukuran bagian dalam tidak boleh ditempeli ujung tanda panah (gambar 12.3).

Toleransi Geometrik
Gambar 12.3 Penunjukan elemen yang diberi toleransi 

  • Pada garis ukuran, jika toleransi dimaksudkan untuk su mbu atau bidang tengah komponcn (gambar 12.4).

Toleransi Geometrik
Gambar 12.4 Penunjukan elemen yang diberi toleransi 

  • Pada garis sumbu, jika tole.ransi diberikan untuk sumbu atau bidang tengah dari semua elemen - elemen yang mempunyai sumbu atau bidang tengah yang sama (gambar 12.5).

Toleransi Geometrik
Gambar 12.5 Penunjukan elemen yang diberi toleransi 

  • Elemen Dasar

Sebuah atau beberapa elemen yang dijadikan elemen dasar ditunjukkan dengan sebuah huruf besar dalam kotak. Kotak in dihubungkan dengan sebuah garis bcrujung pada suatu segitiga. Alas segitiga tersebut harus menempel :

    • Pada garis tepi elemen atau perpanjangannya (tapi harus terpisah dari garis ukuran), jika elemen dasar adalah garis atau permukaan itu (gambar 12.6). 

Toleransi Geometrik
Gambar 12.6 Penunjukan elemen – elemen dasar 

    • Pada garis proyeksi dan tepat pada garis ukuran, jika elemen dasar adalah garis sumbu atau bidang  tengah dari komponen tersebut (gambar 12.7).

Toleransi Geometrik
Gambar 12.7 Penunjukan sebuah sumbu atau bidang tengah sebagai dasar 

    • Pada garis sumbu atau bidang tengah dari semua elemen-elemen yang bersangkutan yang mempunyai sumbu atau bidang tengah yang sama (garnbar 12.8). Hal ini hanya mungkin apabila sumbu atau bidang tengah tersebut dapat ditentukan dengan ketelitian yang cukup ti nggi.

Toleransi Geometrik
Gambar 12.8. Penunjukan sumbu – sumbu sebagai dasar 

Baca juga :

Mau donasi lewat mana?

Donate with Paypal
BANK BNI - An.mechanical engineering / Rek - 2345xxx
Gopay-
Traktir creator minum kopi dengan cara memberi sedikit donasi. klik icon panah di atas

About the Author

Kami percaya bahwa akses pendidikan berkualitas adalah hak mendasar bagi setiap anak Indonesia.

إرسال تعليق

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.