Rencana Pembelajaran Semester (RPS) adalah salah satu dokumen penting dalam pengelolaan pembelajaran di perguruan tinggi. Dokumen ini menguraikan rencana pembelajaran dari suatu mata kuliah, termasuk deskripsi materi kuliah, tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran.
Salah satu mata kuliah yang umumnya diwajibkan dalam kurikulum Teknik Mesin adalah Kimia Dasar. Mata kuliah ini penting karena memberikan pemahaman dasar tentang kimia yang diperlukan dalam pengembangan mesin dan material.
Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai contoh Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk mata kuliah Kimia Dasar Teknik Mesin. RPS ini terdiri dari 14 pertemuan dan mencakup materi pokok seperti struktur atom, ikatan kimia, termokimia, elektrokimia, dan praktikum. Selain itu, RPS juga menguraikan tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah tersebut.
RPS sangat penting bagi dosen dan mahasiswa karena dapat membantu dalam mempersiapkan dan memperjelas rencana pembelajaran selama satu semester. Dengan adanya RPS, dosen dapat merencanakan metode pembelajaran yang efektif dan memastikan bahwa tujuan pembelajaran tercapai. Sementara itu, mahasiswa dapat menggunakan RPS sebagai panduan belajar untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang materi kuliah dan mengukur kemajuan mereka dalam pembelajaran.
Oleh karena itu, RPS menjadi dokumen penting dalam pengelolaan pembelajaran di perguruan tinggi. Dosen perlu memastikan bahwa RPS telah disusun dengan baik dan memperhatikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, sedangkan mahasiswa perlu memahami RPS dan mempergunakannya sebagai panduan belajar selama satu semester.
Berikut adalah contoh Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk mata kuliah Kimia Dasar Teknik Mesin:
Semester : Ganjil
Bobot SKS : 3
Prasyarat : -
Pertemuan : 14 pertemuan
Dosen Pengampu : Nama Dosen
Deskripsi Singkat:
Mata kuliah ini bertujuan untuk memperkenalkan dasar-dasar kimia yang dibutuhkan dalam teknik mesin, termasuk struktur atom, ikatan kimia, sifat larutan, termokimia, dan elektrokimia.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Menjelaskan konsep struktur atom dan sifat periodik unsur.
- Menjelaskan jenis-jenis ikatan kimia dan sifat-sifat senyawa.
- Menghitung konsentrasi larutan dan menentukan pH larutan.
- Menjelaskan konsep termokimia dan menghitung entalpi reaksi.
- Menjelaskan prinsip elektrokimia dan menghitung sel volta dan elektrolisis.
Materi Pokok:
- Struktur atom dan sifat periodik unsur.
- Ikatan kimia dan sifat-sifat senyawa.
- Larutan dan pH larutan.
- Termokimia.
- Elektrokimia.
Metode Pembelajaran:
- Ceramah dan diskusi kelompok untuk memahami materi.
- Tugas individu dan kelompok untuk menerapkan konsep yang dipelajari.
- Praktikum untuk mengaplikasikan konsep yang dipelajari dalam laboratorium.
Penilaian:
- Tugas individu dan kelompok (30%)
- Ujian Tengah Semester (30%)
- Ujian Akhir Semester (40%)
Referensi Utama:
- Chang, Raymond. 2007. Kimia Dasar: Konsep-konsep Inti. Erlangga.
- Kotz, John C., Treichel, Paul M., dan Weaver, Gabriela C. 2013. Chemistry & Chemical Reactivity, Volume 1. Cengage Learning.
Referensi Pendukung:
- Brady, James E., dan Senese, Fredrick. 2008. Chemistry: The Study of Matter and Its Changes. Wiley.
- Zumdahl, Steven S. 2013. Chemical Principles, Seventh Edition. Cengage Learning.
Pertemuan 1
- Materi Pokok : Pendahuluan, struktur atom, dan sifat periodik unsur.
Tujuan Pembelajaran :
- Mahasiswa memahami konsep dasar struktur atom dan pengaruhnya pada sifat periodik unsur.
Metode Pembelajaran :
- Ceramah dan diskusi kelompok.
Pertemuan 2
- Materi Pokok : Ikatan kimia: jenis dan sifat senyawa.
Tujuan Pembelajaran :
- Mahasiswa memahami jenis-jenis ikatan kimia dan sifat-sifat senyawa yang dihasilkan.
Metode Pembelajaran :
- Ceramah dan diskusi kelompok.
Pertemuan 3
- Materi Pokok : Larutan dan pH larutan.
Tujuan Pembelajaran :
- Mahasiswa memahami konsep konsentrasi larutan dan cara menentukan pH larutan.
Metode Pembelajaran :
- Ceramah dan diskusi kelompok.
Pertemuan 4
- Materi Pokok : Termokimia: konsep dan entalpi reaksi.
Tujuan Pembelajaran :
- Mahasiswa memahami konsep dasar termokimia dan cara menghitung entalpi reaksi.
Metode Pembelajaran :
- Ceramah dan diskusi kelompok.
Pertemuan 5-6
- Materi Pokok : Elektrokimia: prinsip dan sel volta.
Tujuan Pembelajaran :
- Mahasiswa memahami prinsip dasar elektrokimia dan cara menghitung sel volta.
Metode Pembelajaran :
- Ceramah dan diskusi kelompok.
Pertemuan 7-9
- Materi Pokok : Praktikum larutan dan termokimia.
Tujuan Pembelajaran :
- Mahasiswa mampu menerapkan konsep yang dipelajari dalam praktikum.
Metode Pembelajaran :
- Praktikum.
Pertemuan 10-12
- Materi Pokok : Praktikum elektrokimia.
Tujuan Pembelajaran :
- Mahasiswa mampu menerapkan konsep yang dipelajari dalam praktikum.
Metode Pembelajaran :
- Praktikum.
Pertemuan 13
- Materi Pokok : Evaluasi dan ulasan.
Tujuan Pembelajaran :
- Mahasiswa mengulang materi yang sudah dipelajari dan mempersiapkan diri untuk ujian akhir semester.
Metode Pembelajaran :
- Ceramah dan diskusi kelompok.
Pertemuan 14
- Materi Pokok : Ujian Akhir Semester.
Tujuan Pembelajaran :
- Mahasiswa diuji mengenai pemahaman konsep dan penerapan yang sudah dipelajari.
Metode Pembelajaran :
- Ujian.
Mau donasi lewat mana?
Donate with PaypalGopay-