Silahkan hubungi kami jika Anda menemukan link error atau ingin memberikan masukan dan saran Contact Us Ebook Telegram

Dasar AutoCad : Belajar Gambar 3 Dimensi

Gambar 3 dimensi adalah suatu objek yang memliki satuan panjang, lebar dan tinggi serta memiliki volume atau isi.
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Gambar Gear (Roda Gigi)
Gambar Gear (Roda Gigi)

Gambar 3 Dimensi

Gambar 3 dimensi adalah suatu objek yang memliki satuan panjang, lebar dan tinggi serta memiliki volume atau isi. Pada penggambaran objek 3 dimensi menggunakan 3 arah sumbu koordinat (X,Y,Z), berbeda dengan 2 dimensi yang hanya menggunakan 2 arah sumbu koordinat (X,Y).

1. Sistem Koordinat 3D

Sistem Koordinat 3D


Dalam objek 3 dimensi juga memiliki tiga sistem koordinat yaitu Koordinat kartesius, Koordinat polar, dan koordinat kartesius.

Bentuk umum beberapa koordinat 3 dimensi adalah:

·       Kartesius : X,Y,Z

·       Polar

Polar Cilinder : Panjang<Sudut,Ketingian

Polar Spherical : Panjang<Sudut<Sudut Ketinggian

·       Koordinat Relatif : Panjang,Lebar,Tinggi

2. Thickness dan Elevasi

Thickness adalah perintah untuk memberikan ketebalan kurva tetutup misalnya lingkaran maupun objek persegi. Tetapi ketebalan yang dibuat dari thickness tidak menghasilkan objek padat (solid).

 Baca Juga: 

Sedangkan elevasi adalah perintahuntuk memberikan tingkat ambang objek di koordinat Z. Atau dengan kata lainelevasi digunakan untuk memindahkan objek ke arah sumbu Z dengan nilai positif atau negatif. Nlai default untuk thickness adalah 0.

3. Hide (Hi)

Perintah hide berfungsi untuk menyembunyikan bagian objek yang seharusnya tidak terlihat setelah diberi ketebalan.

4. Vpoint

Perintah ini berfungsi untuk mengatur sudut pandang suatu objek dari titik tertentu.

Kotak Dialog View point Preset
Kotak Dialog View point Preset

5. Plan

Perintah ini dipergunakan untuk mengembalikan pandangan 3 dimensi kembali ke pandangan 2 dimensi

6. Rendering

Render berfungsi untuk melihat bentuk nyata dari objek 3 dimensi sesuai dengan warna maupun material yang diberikan terhadap objek tersebut.

Kotak Dialog Render
Kotak Dialog Render

7. Vports

Perintah Vports (Viewports) berfungsi untuk membagi layar atau menampilkan sejulah view dari objek gambar dengan cara pandang yang berbedapada saat yang bersamaan.

Kotak Dialog Viewports
Kotak Dialog Viewports

8. Shademode

Perintah shademode berfungsi untuk menampilkan objek 2 dimensi atau 3 dimensi secara penuh (sesuai dengan bentuk) sesuai dengan warna yang digunakan saat perancangan.

Shademode terbagi menjai 4 jenis:

·       Flat

·       Gouraud

·       Flat + Edges

·       Gourud + Edges

Objek 3 Dimensi Padat

1. 3 Dimensi

Digunakan untuk membuat objek 3 dimensi

·      Box

Adalah perintah untu membuat objek kotak 3 dimensi yang memiliki panjang, lebar, tinggi serta ketebalan.

·      Cone

Perintah cone berfungsi untuk membuat objek seperti kerucut dengan alas berbentuk lngkaran.

·      Dish

Perintah ini berfungsi untuk membuat objek berbentuk setengah bola menghadap ke atas.

·      Dome

Perintah ini berfungsi untuk membuat objek setengah bola menghadap kebawah (kebalikan dari dish)

·      Mesh

Perintah mesh berfungsi untuk membuat objek seperti jala yang terdiri dari garis vertikal (N) dan horizontal (M) yang dapat diatur jumlahnya.

·      Pyramid

Perintah ini di pergunakan untuk membentuk objek piramid degan satu titik atas (Top), dua titik atas (Ridge), dan empat titik atas.

·      Sphere

Perintah ini befungsi untuk membuat objek bola yang terdiri dari garis vertikal dan horizontal, dimana garis-garis tersebut dapat diatur jumlahnya

·      Torus

Perintah ini dipergunakan untuk membentuk objek cincin.

·      Wadge

Perintah ini befungsi untuk membuat objek seperti kotak yang di potong secara diagonal.

2. Cylinder

Perintah ini berfungsi untuk membuat tabung lingkaran atau ellipse.

3. Extrude

Perintah extrude berfungsi untuk memberi ketebalan pada objek kurva tertutup. Dimana hasil dari perintah extrude akan menghasilkan objek padat (solid)

4. Solidedit

Dipergunakan untuk mengedit objek yang telah diberi perintah extrude.

5. 3Dface

dipergunakan untuk membuat permukaan objek 3 dimensi.

6. Pface

Perintah ini dipergunakan untuk menutup daerah yang berbentuk kurva persegi dengan cara mendefenisikan verteks-verteks titik potong) dari kurva tersebut. Pface tidak dapat menutup kurva berbentuk lengkung.

7. Region

Perintah ini dipergunakan untuk untuk menutup objek yang dibuat dengan kurva tertutup dan tidak memiliki ketebalan (Thickness=0). Region berlaku pada kurva persegi maupun kurva dengan memiliki kelengkungan (kurva sudut tumpul).

Shortcode: {getButton} $text={Download Full PDF} $icon={Icon Name} $color={Hex Color}

Baca juga :

Mau donasi lewat mana?

Donate with Paypal
BANK BNI - An.mechanical engineering / Rek - 2345xxx
Gopay-
Traktir creator minum kopi dengan cara memberi sedikit donasi. klik icon panah di atas

About the Author

Kami percaya bahwa akses pendidikan berkualitas adalah hak mendasar bagi setiap anak Indonesia.

إرسال تعليق

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.