Kontruksi Transmisi Manual
Transmisi adalah suatu bagian
dari sistem pemindah daya yang berfungsi untuk memindahkan tenaga mesin dengan
perantaraan roda gigi ke roda penggerak.
Susunan roda gigi pada transmisi dibuat bermacam-macam yang disesuaikan dengan kecepatan dan momen yang diperlukan kendaraan. Besar kecilnya momen pada roda belakang tergantung dari transmisi yang digunakan.
{tocify} $title={Daftar Isi Artikel}
Dibawah ini dijelaskan bagaimana momen dapat diperbesar.
Besarnya tenaga yang dipindahkan adalah 200 kg pada titik perkaitan kedua roda
gigi. Karena jarak antara kedua drive shaft ke perkaitan roda gigi mempunyai
jarak yang berbeda maka momen yang dihasilkan sebesar 800 m/kg. Hal ini
disebabkan jarak drive shaft ke titik perkaitan ke dua roda gigi tersebut
mempunyai jarak yang berbeda.
Transmisi manual yang dipakai
pada kendaraan akan tergantung dari rancangan pemakaian tingkat kecepatan yang
biasanya dilengkapi dengan tiga sampai lima tingkat kecepatan.
Transmisi manual yang
digunakan pada mobil-mobil dapat digolongkan sebagai berikut :
- sliding mesh type
- constant mesh type
- synchronmesh type
Cara Kerja Transmisi Manual
Transmisi memungkinkan rasio
gigi antara mesin dan penggerakan roda untuk mengubahsebagai
mobil mempercepat dan
memperlambat. Anda memindahkan gigi sehingga mesin dapat tetap di bawah redline
dan dekat band rpm performa terbaik.
Sebuah CVT memiliki jangkauan
hampir tak terbatas dari rasio gigi. Di masa lalu, CVTs tidak bisa bersaing
dengan transmisi empat kecepatan dan lima kecepatan dalam hal biaya, ukuran dan
kehandalan, sehingga Anda tidak melihat mereka di mobil produksi. Hari-hari
ini, perbaikan dalam desain telah membuat CVTs lebih umum. The Toyota Prius
adalah mobil hibrida yang menggunakan CVT.
Transmisi terhubung ke mesin
melalui kopling . Poros input transmisi karena ternyata pada rpm yang sama
sebagai mesin.
Idealnya, transmisi akan
sangat fleksibel dalam rasio nya bahwa mesin selalu bisa dijalankan pada nilai
tunggal, kinerja terbaik rpm. Itulah ide di balik continuously variable
transmission (CVT).
Sebuah transmisi lima
kecepatan berlaku salah satu dari lima rasio roda gigi yang berbeda untuk poros
input untuk menghasilkan nilai rpm yang berbeda pada poros output. Berikut
adalah beberapa rasio gigi yang khas:
Anda dapat membaca Bagaimana
CVTs Bekerja untuk informasi lebih tentang bagaimana terus transmisi variabel
bekerja. Sekarang mari kita lihat di transmisi sederhana.
Untuk memahami ide dasar di
balik transmisi standar, diagram di bawah ini menunjukkan transmisi dua
kecepatan yang sangat sederhana dalam netral:
Baca Juga:
- Pengertian, Bagian dan Fungsi Transmisi Roda Gigi
- Cara Kerja Transmisi Manual
- Fungsi dan Jenis Transmisi Pada Kendaraan
Mari kita lihat masing-masing
bagian dalam diagram ini untuk memahami bagaimana mereka cocok bersama:
- Poros hijau berasal dari mesin melalui kopling. Poros hijau dan gigi hijau yang terhubung sebagai satu unit. (Kopling adalah perangkat yang memungkinkan Anda menghubungkan dan melepaskan mesin dan transmisi Ketika Anda mendorong di pedal kopling, mesin dan transmisi terputus sehingga mesin dapat berjalan bahkan jika mobil masih berdiri. Bila Anda melepas pedal kopling, mesin dan poros hijau secara langsung terhubung satu sama lain Batang hijau dan gigi gilirannya pada rpm yang sama sebagai mesin.)
- Batang merah dan roda gigi yang disebut layshaft tersebut. Ini juga dihubungkan sebagai sebuah kesatuan, sehingga semua gigi pada layshaft dan layshaft sendiri berputar sebagai satu unit. Batang hijau dan batang merah secara langsung dihubungkan melalui gigi-gigi mereka menyatu sehingga jika poros hijau berputar, begitu juga batang merah. Dengan cara ini, layshaft menerima kekuasaannya langsung dari mesin setiap kali kopling yang terlibat.
- Poros kuning adalah poros splined yang menghubungkan langsung ke poros penggerak melalui diferensial ke roda drive mobil. Jika roda berputar, poros kuning berputar.
- Roda gigi biru naik pada bantalan, sehingga mereka berputar pada poros kuning. Jika mesin dimatikan tapi mobil meluncur, batang kuning bisa berubah di dalam roda gigi biru sementara gigi biru dan layshaft adalah bergerak.
- Tujuan kerah tersebut adalah untuk menghubungkan salah satu dari dua roda gigi biru ke drive shaft kuning. Kerah terhubung, melalui splines, langsung ke poros kuning dan berputar dengan poros kuning. Namun, kerah dapat geser kiri atau kanan sepanjang poros kuning untuk melibatkan salah satu dari roda gigi biru. Gigi pada kerah, disebut gigi anjing, masuk ke lubang di sisi roda gigi biru untuk melibatkan mereka.
Sekarang, mari kita lihat apa yang terjadi ketika Anda pindah ke gigi satu.
Gambar di bawah menunjukkan
bagaimana, ketika bergeser ke gigi pertama, kerah melibatkan gigi biru di
sebelah kanan:
Dalam gambar ini, poros hijau
dari mesin ternyata layshaft, yang mengubah gigi biru di sebelah kanan. Gear
ini mentransmisikan energi melalui kerah untuk drive shaft kuning. Sementara
itu, gigi biru di sebelah kiri berubah, tetapi freewheeling pada bantalan
sehingga tidak memiliki efek pada poros kuning.
Ketika kerah berada di antara
dua roda gigi (seperti yang ditunjukkan pada gambar pertama), transmisi berada
dalam netral. Kedua roda gigi freewheel biru pada batang kuning pada tingkat
yang berbeda dikontrol oleh rasio mereka untuk layshaft tersebut.
Transmisi manual lima
kecepatan cukup standar pada mobil. Secara internal, hal itu terlihat seperti
gambar di bawah ini:
Ada tiga garpu dikendalikan
oleh tiga batang yang terlibat dengan tuas shift. Melihat batang pergeseran
dari atas, mereka terlihat seperti ini secara terbalik, gigi pertama dan kedua:
Perlu diingat bahwa pergeseran
tuas memiliki titik rotasi di tengah. Ketika Anda mendorong tombol maju untuk
terlibat gigi satu, Anda sebenarnya menarik batang dan garpu untuk kembali gigi
pertama.
Anda dapat melihat bahwa
ketika Anda memindahkan shifter kiri dan kanan Anda terlibat garpu berbeda (dan
karenanya kerah berbeda). Bergerak kenop maju dan mundur bergerak kerah untuk melibatkan
salah satu roda gigi.
Gigi mundur ditangani oleh
gigi pemalas kecil (ungu). Pada semua kali, gigi mundur biru pada diagram ini
berubah dalam arah berlawanan untuk semua roda gigi biru lainnya. Oleh karena
itu, tidak mungkin untuk melemparkan transmisi mundur sementara mobil bergerak
maju – gigi anjing tidak akan terlibat. Namun, mereka akan membuat banyak
suara!
Synchronizers
Transmisi manual di mobil
penumpang modern menggunakan synchronizers untuk menghilangkan kebutuhan
ganda-mencengkeram. Sebuah tujuan Sinkronisasi adalah untuk memungkinkan kerah
dan roda gigi untuk melakukan kontak gesekan gigi sebelum melakukan kontak. Hal
ini memungkinkan kerah dan roda gigi sinkronisasi kecepatan sebelum gigi harus
terlibat, seperti ini:
Kerucut pada gigi biru cocok
menjadi daerah berbentuk kerucut di leher, dan gesekan antara kerucut dan kerah
sinkronisasi kerah dan gigi. Bagian luar dari kerah kemudian slide sehingga
gigi anjing dapat terlibat gigi.
Mau donasi lewat mana?
Donate with PaypalGopay-