Sistem transmisi, dalam kendaraan, adalah sistem yang berfungsi untuk konversi torsi dan kecepatan (putaran) dari mesin menjadi torsi dan kecepatan yang berbeda-beda untuk diteruskan ke penggerak akhir. Konversi ini mengubah kecepatan putar yang tinggi menjadi lebih rendah tetapi lebih bertenaga, atau sebaliknya. (sumber : wikipedia)
{tocify} $title={Daftar Isi Artikel}
Fungsi Sistem Transmisi
Adapun fungsi dari sistem transmisi pada kendaraan bermotor antara lain:
- Mengatur kecepatan kendaraan sesuai dengan beban dan kondisi jalan.
- Merubah arah putaran roda, sehingga kendaraan dapat berputar maju dan mundur.
- Memutuskan dan menghubungkan putaran kendaraan sehingga kendaraan dapat berhenti walaupun mesin dalam keadaan hidup.
Katagori Sistem Transmisi
Sedangkan pada sistem transmisi dapat dikategorikan menjadi dua bagian,yaitu :
- Transmisi langsung dimana sebuah piringan atau roda pada poros yang satu dapat menggerakkan roda serupa pada poros kedua melalui kontak langsung (roda gesek dan roda gigi).
- Elemen sebagai penghubung sementara, dimana gerakkan poros pertama akan menggerakkan poros kedua menggunakan elemen penghubung antara (Sabuk dan rantai).
Adapun jenis transmisi yang digunakan pada kendaraan dapat digolongkan sebagai berikut :
- Selective Gear Transmission
- Automatic Transmission
- Planetary Gear Transmission
Klasifikasi Roda Gigi
Baca Juga : MERENCANKAN DAN MENGGAMBAR RODA GIGI LURUS
Roda gigi dapat diklasifiasikan menjadi beberapa bagian antara lain :
a. Ditinjau dari letak poros
- Roda gigi dengan poros sejajar
- Roda gigi dengan poros berpotongan (intersection)
- Roda gigi dengan poros silang
b. Ditinjau dari bentuk alur gigi
- Roda gigi lurus
- Roda gigi miring
- Roda gigi miring ganda
c. Ditinjau dari arah putaran
- Roda gigi luar (arah putaran berlawanan)
- Roda gigi dalam dan piyon (arah ptaran sama)
- Rack and pinyon (gerak lurus dan berputar)
d. Ditinjau dari bentuk gigi
- Roda gigi kerucut lurus
- Roda gigi kerucut spiral
- Roda gigi kerucut zerol
- Roda gigi kerucut miring
- Roda gigi kerucut miring ganda
e. Ditinjau dari kecepatan keliling roda gigi
- Vc < 3 (m/s) ; kecepatan rendah
- 3 < Vc 15 (m/s) ; kecepatan sedang
- Vc > 15 (m/s) ; kecepatan tinggi
f. Ditinjau dari type roda gigi
- Roda gigi cacing silindris
- Roda gigi cacing selubung ganda
- Roda gigi cacing samping
- Roda gigi miring silang
- Roda gigi hiper boloid
- Roda gigi hipoid
g. Ditinjau dari posisi pada permukaan Roda gigi
- Gigi lurus (straight)
- Gigi miring (inclived)
- Gigi kurva (curve)
Mau donasi lewat mana?
Donate with Paypal
BANK BNI - An.mechanical engineering / Rek - 2345xxx
Gopay-
Gopay-
Traktir creator minum kopi dengan cara memberi sedikit donasi. klik icon panah di atas